Penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan tampaknya tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Sebab selain lebih sehat, ternyata produk ramah lingkungan juga banyak dijual dengan harga yang lebih murah.

Bahkan, kini ditemukan bahan-bahan ramah lingkungan yang merupakan hasil daur ulang plastik yang ahirnya memberikan pengaruh pada turunnya harga triplek dan juga harga besi.

Baru-baru ini para peneliti mengadaptasi plastik untuk mengurangi kegiatan pertambangan serta komponen lain yang membahayakan, sehingga biaya pertambangan, jumlah sampah plastik, serta emisi gas rumah kaca bisa dikurangi.

Miselium adalah contohnya. Salah satu jenis jamur ini ternyata bisa dimanfaat untuk dijadikan sebagai bahan baku membuat batu bata yang ringan dan tahan lama. Related Site :  harga bahan bangunan

Bahan ramah lingkungan lainnya adalah ferrock. Bahan yang terbuat dari debu baja daur ulang ini bisa berfungsi sebagai beton. Bahan ini lebih ramah lingkungan karena mengikat karbon dioksida saat proses pengeringan dan membuat tingkat karbon menjadi netral.

Ada juga bahan bangunan yang diberi nama Timbercrete, bahan yang menggabungkan semen dengan serbuk gergaji tersebut dapat digunakan sebagai blok serta bata.

Kelebihan bahan ini adalah selain ramah lingkungan adalah lebih ringan. Tentunya berpengaruh pada pasaran harga besi terbaru dan juga harga triplek terbaru

Namun, bukan berarti penemuan bahan-bahan baru tersebut saja yang bisa dibilang sebagai material ramah lingkungan, bahan seperti bambu kini juga menjadi tren kembali.

Di China, dulu bambu dijadikan sebagai bahan dasar membuat panah dan seratnya dibuat menjadi kabel untuk jembatan suspensi yang belakangan ini diketahui, kabel jembatan suspensi Suku Inka juga terbuat dari bahan yang sama.

“Kami telah mengamati bahwa kini properti yang menggunakan bahan dasar bambu semakin bertambah banyak di web kami,” ucap Mart Polman, managing director Lamudi Indonesia.

“Bambu telah lama dikenal di Asia Tenggara selama berjuta-juta tahun tetapi kini bambu bertransformasi mejadi bahan bangunan yang kekinian dan digunakan di seluruh dunia. Yang terpenting, bambu sangat ramah lingkungan,” tambahnya.

Saat ini desainer bangunan pemenang penghargaan sering kali adalah desainer yang menggunakan bambu dalam karyanya sehingga berpengaruh pada perkembangan harga kayu dan harga kabel tentunya harga kayu terbaru serta harga kabel listrik.

Misalnya saja Oscar Lopez yang sering disebut sebagai Raja Bambu telah diakui menjadi pelopor dalam pemakaian bambu.

Bambu sangat murah dan bisa digunakan untuk berbagai macam objek, oleh karena itu bambu kini semakin digemari dan banyak dipilih oleh para arsitek dan pengembang.

Bambu juga memiliki berat yang sama dengan baja ringan, namun memiliki fleksibilitas lebih tinggi sehingga tahan terhadap badai dan gempa bumi.

Read more at : http://boshargabangunan.com/

arrow
arrow
    文章標籤
    material properties
    全站熱搜

    iconbb 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()